Harga Emas Hari Ini Per Gram Dalam Rupiah

Harga Emas Hari Ini Per Gram Dalam Rupiah – Emas merupakan jenis logam yang sering mengalami perubahan harga setiap bulan hingga setiap harinya. Naik turunnya harga emas, menjadikan emas sangat cocok untuk berinvestasi. Namun, bagi Anda yang akan investasi, Anda harus mengetahui harga emas hari ini per gram dalam rupiah. Sehingga Anda bisa menginvestasikan emas pada waktu yang tepat. Investasi atau penanaman modal merupakan cara lain untuk menabung. Tak sedikit orang menggunakan emas untuk berinvestasi. Hal tersebut karena harganya yang bisa naik hingga titik maksimal. Sehingga bisa memberikan keuntungan yang lebih. Bagi Anda yang ingin mengetahui harga emas hari ini berikut ini adalah harga emas per gram dalam rupiah.

Harga Emas Hari Ini Per Gram Dalam Rupiah

Harga Emas Per Gram Dalam Rupiah Hari Ini

Harga emas akan selalu update setiap hari menyesuaikan harga emas dunia hari ini. Harga logam yang disimbolkan Au pada tabel periodik Kimia ini memang selalu mengalami perubahan harga setiap harinya. Terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga emas. Harga emas juga berbeda-beda tergantung dengan jenis emas dan ukuran karat emas tersebut. Biasanya jenis logam mulia berupa emas yang sering menjadi patokan harga yaitu emas Antam. Emas Antam merupakan jenis emas batangan yang dimiliki oleh PT Aneka Tambang (Antam) dan banyak digunakan sebagai investasi jangka panjang. Harga emas hari ini per gram dalam rupiah untuk logam mulia antam yaitu Rp 597.000,-. Harga tersebut turun dari bulan sebelumnya di Pegadaian. Harga emas Pegadaian sebelumnya mencapai Rp 604.000,- per gramnya, hingga saat ini turun menjadi Rp 597.000,- dengan harga pembelian kembali yaitu Rp 534.000,- hingga Rp 541.410,-. Harga tersebut disesuaikan dengan kurs dollar saat ini yaitu setara dengan US$ 40,61 dengan kurs hari ini Rp 13.331,-.

Harga Emas 3 Bulan Terakhir Dalam Rupiah

Harga emas yang selalu naik turun ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Selama tiga bulan terakhir sejak bulan Mei 2017 hingga Agustus 2017, emas mengalami perubahan harga yang cukup signifikan. Hal ini bisa dilihat melalui grafik emas dunia yang ada di situs harga emas. Pada bulan Mei emas berada di titik seimbang dengan harga Rp 526.000,-. Pada awal bulan Juni, emas mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan yaitu hingga Rp 550.000,-. Namun, sayangnya, harga emas kembali turun di pertengahan bulan Juni hingga mencapai harga kurang dari Rp 530.000,-.  Harga emas hari ini per gram dalam rupiah kembali turun drastis hingga Rp 520.000,- pada saat memasuki bulan Juli. Hingga hari ini, harga emas kembali merangkak naik hingga menembus Rp 541.000,-.

Pergerakan harga emas yang naik turun ini tidak lepas dengan pergerakan kurs Dollar Amerika. Pergerakan kurs dollar selama tiga bulan terakhir ini juga sempat mengalami kenaikan yang sangat drastis, namun belum mencapai titik Rp 13.500,-. Kurs dollar naik pada pertengahan menuju akhir bulan Mei dengan kurs rupiah yaitu Rp 13.420,-. Kurs tersebut kembali turun hingga mencapai Rp 13.260,-. Harga kurs dollar saat ini berada di atas kurs sebelumnya yaitu Rp 13.331,-.

Melihat harga emas hari ini per gram dalam rupiah yang sedang mengalami penurunan, sehingga mempengaruhi harga jual dan harga beli emas. Harga beli emas per gram hari ini yaitu mencapai Rp 710.500,- untuk emas dari PT Aneka Tambang (Antam).

Faktor Turunnya Harga EmasPer Gram Hari Ini

Kenaikan dan penurunan harga emas selain tak lepas dari pengaruh kurs dollar US, juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga emas.

  1. Kurs US Dollar

    Kurs dollar Amerika menjadi hal pertama yang menyebabkan naik turunnya harga emas. Kurs atau nilai tukar ini akan mempengaruhi harga emas. Misalnya saja, apabila kurs dollar turun, maka harga emas akan naik. Begitu pula sebaliknya, apabila kurs dollar naik, maka harga emas akan turun. Sehingga mengetahui Harga emas hari ini per gram dalam rupiah sangat diperlukan bagi Anda yang ingin melakukan investasi. Mengamati perkembangan ekonomi dunia menjadi salah satu cara suksesnya investasi yang Anda lakukan. Hal tersebut sangat terlihat pada harga emas per gram hari ini yang mulai turun karena adanya kenaikan kurs dollar dan penguatan pada bursa saham.

  2. Penguatan Bursa Saham

    Bursa saham atau pasar jual beli saham juga sangat mempengaruhi naik turunnya suatu harga emas. Saat ini penurunan harga emas per gram hari ini pada awal bulan Agustus disebabkan karena adanya penguatan pada indeks saham Dow Jones. Saham tersebut naik mencapai rekor tertinggi yaitu mencapai 0,3%. Melihat adanya penguatan pada bursa saham, bagi Anda yang ingin melakukan investasi jangka pendek atau jangka menengah, Anda bisa langsung membelinya namun dengan nilai yang kecil saja. Karena rata-rata untuk investasi yaitu hanya sebesar 24%. Namun, bagi Anda yang ingin investasi emas untuk jangka panjang, saat ini bukanlah waktu yang tepat karena adanya penurunan harga.

  3. Isu Politik

    Selain dipengaruhi oleh adanya perubahan pada kurs dollar US dan penguatan bursa saham, adanya isu politik juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab naik turunnya Harga emas hari ini per gram dalam rupiah. Misalnya saja pada bulan lalu bahwa emas mencapai harga yang cukup tinggi hampir mencapai Rp 550.000,-. Hal ini disebabkan adanya pelemahan data ekonomi Amerika Serikat serta adanya panasnya hubungan antara Korea Utara dna Amerika Serikat menyebabkan kurs dollar US melandai. Dengan melemahnya kurs dollar, maka hal tersebut memicu kenaikan harga emas yang cukup signifikan.

  4. Jumlah Produksi Emas

    Harga emas yang naik turun juga dipengaruhi oleh adanya jumlah produksi emas dunia. Emas menjadi salah satu jenis logam yang banyak digunakan sebagai perhiasan maupun sebagai investasi. Harganya yang naik turun ini dipengaruhi adanya jumlah produksi dan permintaan yang tak jarang tidak cukup seimbang sehingga Harga emas hari ini per gram dalam rupiah bisa mengalami kenaikan hingga titik paling tinggi dengan adanya kelangkaan stok emas. Emas yang semakin sulit ditambang, Sedangkan permintaan emas di industri perhiasan terus merangkak naik menjadikan harga emas sangat mahal. Oleh karenanya, saat harga emas sedang turun drastis dan berada di level yang cukup rendah sangat dicari oleh orang yang ingin berinvestasi.

Harga Emas Hari Ini Per Gram Dalam USD (US Dollar)

USD (Spot Dunia)
Per OzPer Gram
1.273,8040,95

Harga Emas Hari Ini Per Gram Dalam Rupiah (Bank Indonesia)

IDR (Kurs Tengah BI)
IDR/USDPer OzPer Gram
13.309,0016.953.004545.052

Harga Emas Hari Ini Per Gram Dalam Rupiah (Internasional)

IDR (Spot Dunia)
IDR/USDPer OzPer Gram
13.339,4516.991.791546.299

Nah itulah informasi seputar Harga emas hari ini per gram dalam rupiah yang mulai turun dengan adanya kenaikan kurs dollar US. Selain itu, dengan adanya penguatan saham memberikan efek kurs dollar US terus mendaki. Sehingga sangat mempengaruhi harga emas. Dengan melihat dan mengikuti Harga emas hari ini per gram dalam rupiah dapat menjadi acuan bagi Anda yang akan berinvestasi baik jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang.

Harga Emas :

    harga / gram jenis emas dlm rupiah indo, harga emas 2018 dalam rupiah, harga emas per gram hari ini dalam rupiah

Tags: